my rabbit: mimi, vita, denis and fadhel :)

my rabbit: mimi, vita, denis and fadhel :)

Kamis, 02 Desember 2010

Kelinci Butuh Hidup Layak

Ketika kita memutuskan untuk memelihara kelinci maupun binantang piaraan lainnya, maka kita harus siap dengan segala resikonya.
Kelinci sebagaimana makhkuk hidup yang lain butuh perlakuan seperti manusia, kita harus merawat seperti merawat diri kita sendiri, klo kita butuh makan yang cukup, tempat tinggal yang nyaman mereka (para kelinci) juga butuh hal yg sama.

Untuk itu yang harus diperhatikan ketika kita pelihara kelinci adalah :
  1. Kandang, bahan bisa dari kayu, bambu atau besi yang penting cukup lapang buat kelinci beraktifitas, ukuran harus disesuakan dengan besar kecilnya kelinci.
  2. Pakan, hendaknya diperhatikan komposisi pakan serta jenis pakan yang diberikan ( hijauan, pelet kelinci atau makanan campuran dr polard, pup susu, bungkil kedele, ampas tahu, dll) sehingga tdk menyebabkan kematian pada kelinci
  3. Jaga kebersihan Kandang dengan membersikan setiap hari
  4. Lokasi kandang, plih lokasi yang tidak bising, jauh dr hewan pengganggu, cukup sirkulasi udara sehingga kelinci bisa beristirahat dengan tenang.
  5. Hindari aktifitas yang ramai pada siang hari di sekitar kandang karena pada siang hari kelinci2 butuh tidur, untuk mengindari stress (kelinci juga butuh tidur bro…)
  6. Untuk kelinci jenis bulu panjang (angora, fuzzy, holland lop, dan sejenisnya) usahakan menyisir bulu 1 kali seminggu serta menghilangkan bulu2 yang menggumpal yg dpt menghambat aktifitas kelinci.
  7. Pastikan usia sapih anakan kelinci minimal 55 hari, asupan ASK (air susu kelinci) bisa menambah kekebalan tubuh bagi anak2 nya.
Semoga Bermanfaat, mari menghormati hak- hak kelinci……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar